Cara Alternatif Sembuhkan Batuk, 5 Bahan Alami ini Bisa Jadi Pilihan, Cek Aturan Penggunaannya di Sini!

Berikut ini, bahan-bahan alami yang bisa diandalkan untuk meredakan batuk dan mudah ditemukan di pasaran yang dikumpulkan tim Trendingnews.id dari berbagai sumber.  

(BACA JUGA:Virus Covid-19 Varian Baru Sudah Masuk Indonesia, Kemenkes Antisipasi Penyebarannya dengan Cara ini?)

1. Minyak Kayu Putih

Cukup ampuh memberi rasa lega pada saluran pernafasan, karena aroma atau baunya yang khas dapat membantu mengurangi rasa gatal di tenggorokan.

Buat meringankan serangan batuk, campurkan beberapa tetes minyak kayu putih dalam minyak kelapa atau minyak zaitun, lalu gosokkan ke dada dan tenggorokan.

Uap minyak kayu putih juga bisa dijadikan opsi meredakan batuk, dengan cara teteskan minyak kayu putih dalam mangkuk yang berisikan air panas, kemudian hirup uap tersebut.

(BACA JUGA:Virus Covid-19 Varian Baru Sudah Masuk Indonesia, Kemenkes Antisipasi Penyebarannya dengan Cara ini?)

2. Peppermint

Dengan kandungan mentol yang ada pada peppermint, ternyata dapat meredam nyeri dan iritasi di tenggorokan.

Selain itu, peppermint juga dapat mengurangi hidung tersumbat. Dengan meminum teh peppermint dua sampai tiga kali sehari, akan dapat mengurangi dan mengobati batuk yang terjadi.

Menggunakan minyak peppermint sebagai aromaterapi juga dapat meredakan batuk.

(BACA JUGA:Ferdinand Hutahaean Kritisi Usulan Sukamta: Sebaiknya Tidak Obral Nyawa Untuk Bangsa Lain!)

3. Madu

Memiliki sifat antioksidan, antimikroba dan antiradang, madu akan dapat membantu menghilangkan sakit yang terjadi pada tenggorokan.

Dari hasil penelitian terbaru, madu ternyata lebih baik daripada obat yang kini banyak dijual bebas (OTC) dalam mengatasi pilek dan batuk.

Cara menggunakan madu dalam menghilangkan batuk cukup mudah, yaitu campurkan dua sendok teh madu dalam teh herbal atau air hangat dan lemon. Minum dua kali sehari untuk hasil yang efektif.

(BACA JUGA:Soroti Konflik Israel-Palestina, Hendro Priyono: Kita Harus Tetap Berdiri di Atas Tanah Air Bangsa Kita Sendiri)

4. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi, yakni memiliki manfaat dalam meredakan lendir di saluran udara dan mengurangi batuk yang terjadi.

Cara menggunakan jahe dalam menyembuhkan batuk yaitu minum teh jahe dengan madu dan lada hitam dapat mengatasi batuk secara efektif.

Namun perlu diingat, jangan terlalu banyak minum teh jahe karena dapat mengakibatkan sakit perut.

(BACA JUGA:Ikut Sedih, Aurel Alami Keguguran, Netizen Ramai-Ramai Ucapkan Hal ini)

5. Air Garam

Air garam juga dinilai bisa meredakan batuk, dengan cara berkumur dengan air garam. Hal ini dapat mengurangi penumpukan lender di paru-paru dan saluran hidung.

Campurannya yaitu aduk 1/4 sendok teh garam dalam 1 cangkir air hangat, lalu berkumur beberapa kali sehari untuk meredakan nyeri dengan cepat.

Peringatan, cara ini tidak disarankan untuk anak kecil. Pasalnya anak kecil belum mengetahui cara berkumur dengan baik dan akan dapat mengakibatkan menelan air garam tersebut.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Cara Alternatif Sembuhkan Batuk, 5 Bahan Alami ini Bisa Jadi Pilihan, Cek Aturan Penggunaannya di Sini!

Kamis / 27-05-2021,01:46 WIB

Obat batuk alternatif bisa melalui 5 bahan alami ini, selain lebih praktis, juga mudah ditemukan, cocok buat Anda

Cara Alternatif Sembuhkan Batuk, 5 Bahan Alami ini Bisa Jadi Pilihan, Cek Aturan Penggunaannya di Sini!